5 Juni 2017

Mengenal 7 Teknik SEO Paling Ampuh Meningkatkan Ranking Blog

Teknik SEO
Teknik SEO

Anda ingin menaikkan traffic atau pengunjung pada website Anda? Atau Anda ingin halaman di website Anda berada di halaman pertama pencarian Google? Jika iya, mengapa tidak mempelajari teknik SEO paling ampuh yang bisa membantu Anda menggapai semua keinginan tersebut? Tertarik untuk mempelajari teknik SEO ampuh yang satu ini? Simak informasi berikut ini dan temukan teknik SEO ampuh yang tak akan Anda temui di tempat lain.

  • Perpanjang Artikel Anda Menjadi 2500 Kata

Mungkin sebelumnya Anda pernah mendengar bahwa artikel dengan panjang 300 atau 500 kata sudah cukup bagus untuk memaksimalkan SEO pada situs Anda, mulai saat ini Anda bisa berhenti untuk mempercayainya. Nyatanya, jumlah kata tersebut terbilang sedikit jika yang Anda butuhkan adalah artikel. Jika website Anda menyediakan konten non artikel seperti berita, jumlah kata tersebut bisa jadi cukup. Namun untuk konten artikel, jumlah kata yang lebih dari itu lah yang terbilang bagus. Sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa rata-rata artikel yang berada di peringkat satu sampai tiga di mesin pencari memiliki kurang lebih 2500 kata per artikelnya.

Logikanya, semakin banyak informasi yang ada pada artikel tersebut, semakin puas pula pembaca yang mengakses artikel tersebut. Dan artikel yang membuat puas inilah yang nantinya mendapat banyak share serta backlink. Tapi yang perlu diingat adalah jumlah 2500 kata ini sudah termasuk teks lain di luar artikel seperti misalnya sidebar, header dan bahkan teks di komentar. Jadi, panjang artikel yang ideal dalam teknik SEO paling ampuh adalah sekitar 1500 kata.

  • Ubah Judul Konten agar Lebih Menarik

Judul konten yang menarik bisa mengundang klik yang lebih banyak. Sebuah penelitian menemukan bahwa sebuah situs tertentu yang mendapatkan banyak klik di hasil pencarian cenderung naik peringkat dari nomor 10 hingga ke nomor satu bahkan hanya dalam waktu dua setengah jam saja. Artinya, semakin banyak klik ke situs Anda semakin tinggi pula kesempatan Anda untuk naik peringkat. Dan untuk meningkatkan kesempatan mendapatkan klik itu sendiri, judul dari konten Anda sangatlah penting. Coba kita lihat apa alasan seseorang memilih salah satu website dibanding dengan website lainnya. Kebanyakan dari mereka melihat judulnya saja hingga kemudian tertarik untuk klik.

  • Ubah Teks di Situs Lain Menjadi Backlink

Saat ini para pakar SEO nampaknya sepaham jika backlink telah menjadi salah satu poin penting dalam mempengaruhi posisi kita di mesin pencari. Backlink disini adalah backlink yang berkualitas yaitu backlink yang berasal dari situs dengan reputasi bagus dan masih aktif. Untuk bisa melakukannya Anda harus meminta pada pemilik website tersebut. Jika Anda mau mencari, ada beberapa pemilik blog yang bersedia untuk memberi backlink kepada kita. Mereka biasanya siap untuk memberi backlink pada konten mereka. Untuk mengikuti teknik SEO paling ampuh ini, Anda bisa memulai pencarian melalui Google atau dengan meminta referensi pada mereka yang sudah pernah meminta backlink pada pemilik website lain.

  • Tambahkan LSI Supaya Relevansi dan Variasi Kata Kunci Meningkat

LSI atau Latent Semantic Indexing menjadi sistem yang banyak dimanfaatkan oleh mesin pencari untuk memahami arti sebuah kata dari sebuah artikel dengan cara membaca kata-kata yang ada di sekelilingnya. Sebagai blogger, kita juga bisa menggunakan sistem LSI ini pada teknik SEO kita. Kemudian, untuk mendapatkan atau menemukan kata kunci LSI ini, Anda bisa melihatnya secara langsung di hal pencarian mesin pencari tersebut. Bukan hanya di hasil pencarian saja, Anda juga bisa mendapatkan keyword LSI ini di Google Keyword Planner yang telah banyak direkomendasikan untuk riset keyword. Setelah Anda menemukan keyword LSI ini, Anda bisa menambahkan kata-kata keyword tersebut dalam artikel tanpa terlihat dibuat-buat.

  • Ciptakan Aset yang dapat Mengundang Backlink Konten

Jika Anda bisa melakukan teknik yang satu ini, Anda tentu akan memiliki kesempatan lebih untuk naik posisi. Tujuan dari dibuatnya konten berbobot dan konten yang beraset ini adalah untuk bisa membuat orang lain terutama pemilik website dengan page rank tinggi mau memberikan backlink untuk situs kita. Aset yang kita bicarakan dalam teknik SEO paling ampuh ini antara lain adalah PDF, tabel dan grafik, foto original, template infografis, badge serta video dan audio. Artikel yang hadir dengan aset ini memang cenderung lebih disukai oleh pembaca dibanding dengan konten yang berisi tulisan tanpa ada aset lain yang dapat menarik pembaca.

  • Dapatkan Link Tambahan dan Traffic dari Situs Komunitas

Jika dulu cara kerja SEO lebih ke mengoptimalkan SEO dan menunggu mendapatkan peringkat yang baru, saat ini Anda tidak bisa hanya berpangku tangan seperti ini. Mensosialisasikan situs Anda tersebut pada komunitas tertentu bisa menjadi salah satu cara untuk menaikkan traffic dan mendongkrak posisi di laman pencarian. Jadi, sebaiknya Anda keluar dan memperkenalkan website Anda pada komunitas agar website kita tersebut dapat segera populer. Namun, bukan berarti Anda bisa menyampah atau spam dimana saja dengan link situs Anda tersebut. Untuk melakukan salah satu teknik SEO paling ampuh ini, Anda hanya perlu mencari situs yang tepat dengan pokok bahasan yang sama dengan situs Anda dan mulailah untuk memperkenalkan situs Anda pada forum atau situs tertentu tersebut.

  • Promosikan Situs Anda Secara Silang dengan Blogger Lain

Jika Anda memiliki teman blogger yang membahas topik yang hampir sama dengan website Anda, promosi silang bisa jadi solusi yang cukup jitu. Promosi silang semacam ini sangat ampuh untuk memperoleh peringkat yang lebih baik di mesin pencari. Namun, yang kita bicarakan disini bukanlah tukeran link antar pemilik website karena hal tersebut telah dilarang oleh Google. Yang kita maksud disini adalah saling promosi. Caranya adalah temukan satu atau dua blogger yang membahas topik yang relevan dengan website Anda, kemudian ajak blogger tersebut menjadi partner promosi silang. Selanjutnya, buat artikel lalu tambahkan link menuju konten yang ada di salah satu halaman website partner. Kemudian, ajak partner kita tersebut untuk melakukan teknik SEO paling ampuh yang sama agar sama-sama menguntungkan.