6 Juni 2017

Tips Belajaran SEO untuk Pemula

Tips Belajaran SEO untuk Pemula

Apa itu SEO? Dan mengapa kita harus mempelajarinya? Dua pertanyaan tersebut bisa jadi yang terngiang dalam benak Anda saat pertama kali berniat untuk belajar SEO untuk pemula. Sebenarnya, belajar SEO bukanlah sebuah hal yang sulit selama Anda berkomitmen dalam mempelajarinya. Namun terkadang tersedianya banyak teori tentang SEO ini membuat kita bingung untuk mempraktekkan yang mana. Untuk membantu Anda dalam mempelajari SEO dan mendapatkan manfaat dari pengoptimalan mesin pencari, berikut ini telah kami sediakan semua hal yang perlu Anda pelajari tentang SEO dengan alur pembelajaran yang lebih mudah untuk dipahami.
  • Pengertian SEO
Pertama, mulailah dengan mempelajari apa sebenarnya SEO tersebut. SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization yang berarti suatu teknik atau cara untuk membuat website atau situs kita berada di posisi atau halaman teratas di sebuah mesin pencari seperti Google, Yahoo dan Bing. Contohnya, Anda memiliki artikel di suatu situs dengan judul “Cara Membasmi Nyamuk dengan Mudah”, kemudian setelah dilakukan optimasi dengan teknik SEO yang menargetkan kata kunci “cara membasmi nyamuk”, halaman situs Anda yang menampilkan artikel tersebut akan berada di peringkat atas pada mesin pencarian. 
  • Keuntungan dari Melakukan SEO
Kedua, cari tahu keuntungan dari melakukan SEO pada website atau blog Anda. Saat belajar SEO untuk pemula, Anda juga wajib mengetahui apa sebenarnya yang bisa Anda dapatkan dari melakukan SEO tersebut. Ada cukup banyak keuntungan yang bisa Anda ambil, beberapa diantaranya adalah untuk meningkatkan penjualan jika Anda membangun situs tersebut untuk bisnis jual-beli, untuk mendatangkan traffic atau pengunjung yang lebih banyak dan untuk meningkatkan daya saing website Anda dengan website lainnya yang serupa dalam hal konten. 
  • Istilah Dasar Dalam SEO
Setelah mengetahui pengertian dan keuntungan dari SEO, Anda bisa mulai mempelajari dasar-dasar istilah yang akan sering Anda temui dalam SEO ini. Dasar SEO terdiri dari dua poin yaitu On Page SEO dan Off Page SEO. Ada juga yang menambahkan riset keyword ke dalam dasar SEO. Tetapi untuk saat ini, kita bisa fokus ke On Page dan Off Page SEO terlebih dahulu.
Pertama, on page SEO. Mungkin istilah ini cukup asing bagi Anda yang baru pertama kali belajar tentang SEO. on page SEO sendiri merupakan suatu teknik dalam SEO untuk memaksimalkan halaman website dengan cara mengaplikasikan beberapa dasar kata kunci atau keyword yang ditargetkan di dalamnya. Keuntungan dari teknik ini adalah website Anda akan dianggap lebih relevan oleh mesin pencari seperti Google. Saat mempelajari SEO untuk pemula terutama untuk bagian on page SEO ini, Anda juga perlu tahu bahwa halaman yang dioptimalkan tersebut juga hanya mendapat sedikit backlink saat menggunakan teknik ini, maka dari itu halaman tersebut dapat lebih mudah naik ke peringkat satu di Google.

Dalam teknik ini, ada beberapa dasar yang wajib untuk diterapkan agar on page SEO ini berhasil. Dasar-dasar tersebut antara lain Title tag atau judul, meta description, URL, heading, image dan link to site authority. Anda harus mempelajari semua dasar dari on page SEO tersebut untuk dapat menggunakan teknik ini dengan benar dan meraih peringkat satu di Google.
Kedua, off page SEO. Jika on page SEO memanfaatkan kata kunci yang ditargetkan untuk mendapat ranking pertama di mesin pencari, off page SEO memanfaatkan situs lain untuk mengoptimalkan suatu halaman. Dalam teknik ini, Anda akan mengenal istilah backlink. Backlink sendiri merupakan link halaman website kita yang dipasang di halaman situs lain yang memiliki page rank tinggi. Sebagai informasi, mesin pencari sejenis Google sangat suka backlink berkualitas yang dirilis di situs authority atau website yang telah dipercayai seperti Wordpress, Twitter, Wikipedia dan situs lain yang memiliki page rank tinggi.

Saat belajar SEO untuk pemula, Anda perlu memahami dengan jelas istilah backlink ini. Untuk menambah pemahaman Anda, secara sederhana mendapatkan backlink dari website atau situs authority bisa meningkatkan kemungkinan situs Anda diangkat oleh Google ke posisi yang lebih tinggi. Misalnya, link situs Anda mendapat backlink dari situs yang memiliki peringkat di halaman lima, dengan ini situs Anda yang di backlink tersebut bisa naik posisi di mesin pencari. Backlink ini berbeda dari link spam. Jika backlink terpasang di sebuah website yang memiliki page rank tinggi, link spam bisa jadi berserakan dimana-mana seperti di blog comment pada suatu situs. 
  • Riset Keyword atau Kata Kunci
Ini dia salah satu bagian yang tidak bisa terlepas kan dari SEO. Setelah mempelajari beberapa informasi di atas tentang dasar-dasar SEO, Anda juga perlu mengetahui mengenai pentingnya kata kunci saat belajar SEO. Seperti yang kita tahu, semua orang menggunakan keyword untuk mencari suatu informasi tertentu di search engine. Sebagai calon ahli SEO, Anda wajib mengetahui cara untuk menemukan serta menerapkan keyword ke website Anda.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk riset keyword ini saat masih belajar SEO untuk pemula. Salah satunya Anda bisa mencoba menggunakan Google Keyword Planner untuk melakukan riset. Disediakan gratis oleh Google dengan fitur yang juga lengkap, tool untuk riset yang satu ini memang sangat disarankan untuk Anda yang masih belajar SEO. Dasar dari riset ini adalah untuk mencari kata kunci yang memiliki persaingan rendah. Bagi Anda yang baru menerapkan SEO pada website Anda, cara ini cukup ampuh agar website Anda tidak kalah saing dari website besar yang sudah lebih dulu eksis.

Itulah beberapa dasar yang akan Anda temukan saat belajar SEO. Jangan lupa untuk mengikuti alur pembelajaran dari yang sederhana seperti pengertian dan dasar-dasar SEO hingga akhirnya mempelajari hal yang lebih rumit seperti dasar-dasar on page dan off page SEO, riset keyword hingga pemasaran konten. Pemasaran konten sendiri menjadi kunci sukses dalam SEO. Pemasaran konten ini merupakan usaha pemasaran dengan menampilkan konten-konten bermanfaat agar usaha atau bisnis kita dapat lebih dikenal. Demikianlah dasar-dasar yang perlu Anda pelajari saat belajar SEO untuk pemula.